Jumat, 12 April 2013

7 Cara memulai usaha

ini dia 7 cara memulai usaha

1. Tentukan market(pasar) yang sobat ingin masuki, dalam hal ini apakah barang atau jasa yang sobat produksi benar-benar ada dan membutuhkan apa yang sobat tawarkan, jika Ya. lakukan langkah selanjutnya.

2. Analisi SWOT, disini SWOT juga berperan penting loh, S=strengt(kekuatan) apa yang menjadi kekuatan atau kelebihan produk atau jasa yang sobat tawarkan W=weaknes, apa yang menjadi kelemahan produk atau jasa sobat, kemudian O= Oportunity(peluang) dan yang terakhir adalah Threat( Ancaman) dalam hal ini ancaman bisa berupa regulasi atau aturan, setelah sobat analisis SWOT barang atau jasa yang ditawarkan sebelum memulai usaha sudah benar-benar teliti baru melangkah ke tahap yang selanjutnya :)

3. Modal
jika sobat punya modal yang cukup besar cobalah atur pengeluaran sekecil mungkin, karena jika sobat pemain baru berhati-hatilah dalam menggunakan dana awal. belajarlah dengan pernecanaan keungan dlu, dalam hal ini melek finansial, berbicara modal tidak selamanya adalah uang, relasi juga modal loh :). jadi usahakan menekan biaya awal :), kenali dlu aturan mainnya

4. SDM, Sumber Daya Manusia adalah aset paling penting dalam memulai usaha, disini kita harus extra dalam penentuan SDM, usahakan skill sesuai dengan bidang yang akan dipegang, jika job tidak terlalu membutuhkan skill yang tepat, mungkin sobat bisa memberikan training singkat kepada karyawan :)

5. jika semua sudah siap, perhatikan strategi marketing, apa yang cocok terhadap barang atau jasa yang sobat tawarkan. contoh : sobat membuka usaha rumah makan, pada soft launchin pertama, strategi apa yang cocok baik untuk branding ataupun promosi semata, bisa dengan penawaran diskon 80% atau bisa dengan menerbitkan kartu anggota, atau benar-benar memberikan gratis pada soft launching awal Rumah Makan dengan mengundang kerabat maupun perwakilan2 dari perusahaan. korban diawal dlu lah :)

6. Setelah itu lakukan evaluasi dengan memberikan saran terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

7. perhatikan kompetitor, persaingan juga adalah hal penting loh, jika semuanya beres kembangkan ke lokasi-lokasi berikutnya :)

saran : jika sobat pemain baru, belajarlah market atau perilaku pasar dlu di www.bisnis-sederhana.com untuk menghindari biaya yang membengkak :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar